Profile Pokja

Selasa, 22 April 2014

PUPUK ORGANIK BERBUAH MANIS BAGI PETANI



Desa Jlumbang Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri merupakan salah satu desa yang memiliki mata pencaharian sebagian besar petani. Dalam mengelola pertaniannya sehari-hari para petani mengandalkan pupuk subsidi dari pemerintah yang datangnya tidak selalu tepat waktu ketika dibutuhkan sehingga petani mengeluarkan biaya besar untuk pemupukan dengan hasil panen yang kurang maksimal.
Kelompok petani didesa Jlumbang yang selalu mengikuti kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan mengusulkan kegiatan ”pelatihan pembuatan pupuk organik” pada PNPM Mandiri Perdesaan di tahun 2013. Dan pada hasil MAD Pendanaan PNPM MP TA. 2013 usulan ini terdanai.

Kegiatan pelatihan ini dimulai pada tanggal 17 Oktober 2013 di desa Jlumbang Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri. 

Pelatihan ini langsung praktek dilapangan untuk pembuatan pupuknya. Dalam pelatihan ini selain pendanaan untuk kegiatan pelatihan sendiri juga mendapatkan pendanaan berupa alat dan mesin dari PNPM Mandiri Perdesaan TA. 2013 yaitu pacul, terpal serta sepatu bot. 

Dari pelatihan dan pemberian alat kini masyarakat desa Jlumbang khususnya petani bisa meningkatkan perekonomiannya dengan produksi pupuk organik sendiri dengan hasil yang maksimal dan melayani permiantaan pupuk dari luar desa.By. FK. Kandangan
 

0 komentar :

Posting Komentar