Profile Pokja

Minggu, 27 April 2014

RUTIN, RAKOR FASILITATOR PNPM-MPd KABUPATEN KEDIRI HARI SABTU,

Kediri (RBM)-Balai serba guna Doko Kec. Ngasem kabupaten kediri  selalu rame jika di hari sabtu, di tiap bulan. sebab balai serba guna ini di jadikan tempat rapat koordinasi para fasilitator PNPM MP Kabupaten Kediri dan Fasilitator Kecamatan, sabtu tanggal 26 April tahun 2014, tidak ada satu pun fasilitator yang absen semua FK  PNPM MP hadir,

Suasana Rakorkab Fasilitator PNPM-MPd Kabupaten Kediri
PNPM MP yang menjadi satu diantara program unggulan Pemerintahan SBY ini sangat mencor di tengah masyarakat, bahkan menjelma menjadi sendi pembangunan yang terus menerus di percaya untuk di lanjutkan, bahkan berita yang betkembang, dirjen PMD Jakarta menyatakatan akan menjadikan pelaku PNPM MP ini, menjadi pengawal pelaksanaan transisi UUDesa.

Rakor rutin yang dilaksankan di desa doko ini banyak materi atau pembahasan disampaikan, Fasilitator kabupaten secara bergantian menyampaikan bahasan berkenaan evaluasi dan rencana tindak lanjut (RKTL). mengenai evaluasi yang di bahas adalah kegiatan pelatihan. banyak kegiatan pelatihan pelaksanaannya di ujung tahun anggaran atau maret 2014. itu menandakan lemahnya fasilitator dalam mengawal tahapan pelatihan, tutur Anang Purwanjoko (asisten faskab)

evaluasi selanjutnya disampaikan oleh Fasilitator Keuangan Kabupaten Andi Laksono, menyebutkan bahwa kegiatan dana bergulir yang ada di kelompok SPP agar di tingkatkan pengawasan dan monitoringnya oleh fasilitator kecamatan baik FK/FT. sebab selama dilakukan oleh audit internal faskab, di temukan  penyimpangan prosedur dan tahapan yang harus di lakukan oleh UPK tapi itu tidak di laksanakan, hal tersebut yang menyebabkan penyimpangan baik di kelompok maupun di UPK, andik menekankan kepada Fasilitator di kecamatan, agar lebih teliti dalam pengawasan dan supervisi baik di UPK maupun di kelompok SPP, di tambahkan lagi oleh Faskeu itu agar melakukan pengecekan Buku Kas di UPK maupun Buku Kas Kelompok, agar di cocokkan data-data yang ada di UPK dengan data yang ada dikelompok SPP itu, agar bisa di antisipasi lebih dini jika muncul penyimpangan.

sesi selanjutnya setelah istirahat, oleh Fas-TKab, Hery Aminullah. mengawali sesi pak heri biasa dia panggil, dengan minta maaf kepada FK/FT sebab materi yang akan di jelaskan banyak sekali dan sudah siang, pastinya ada, ada yang terlihat mengantuk dan ini hari sabtu lagi. canda pak heri. bahasan yang di tekankan oleh pak heri adalah persiapan lelang, lelang yang di laksanakan oleh TPK/Panitia harus benar-benar sesuai dengan PTO XII PNPM MP, dan tentunya kwalitas pelaksanaan lelang tahun 2014 ini, di harapkan lebih baik di bandingkan dengan tahun yang lalu-lalu, dan yang paling di tekankan lagi oleh Fas-T.Kab, adalah lelang ini benar-benar dilaksanakan lelang dan tidak lelang abal-abal, dan tidak boleh setelah lelang selesai tapi yang menang lelang tidak mengerjakan. maka harus di tegur oleh FK/FT.  FK/FT yang mengetahui desa atau TPK, tidak menyelenggarakan Lelang atau kegiatan di desa itu di borongkan. maka FT/FT wajib menegur dan memfasilitasi agar desa menjalakan Program ini sesuai PTO, jika FK/FT mengetahui dan membiarkan saja, maka SP (surat peringatan) akan di keluarkan dan menjadi evaluasi kinerja FK/FT, sebab kegiatan-kegiatan PNPM ini, yang salah satunya adalah lelang, itu ruh dari pemberdayaan di tengah masyarakat, Pungkas Heri.


setelah adzan ashar rakor di pimpin koordinator faskab Kediri, Iman Rahman Heru Wijaya SH. lagi, dia menyampaikan terima kasih kepada FK/FT atas kerja sama untuk menjadi tim yang kompak dalam pendampingan pada msyarakat selama ini, sebelum acara di akhiri heru menyampaikan agenda Rakor bulan Mei tanggal 9 dan 30. yang tidak di hari sabtu. (inh)

0 komentar :

Posting Komentar